28/03/2016

STEM Robotics

STEM Robotics For School

Picture1Menjawab tantangan abad 21 yang mengharuskan setiap orang untuk memiliki banyak keahlian (multi-skills), Robotics memberikan pengalaman pembelajaran yang kontekstual dan integratif. Bukan sekedar merakit robot, STEM Robotics for Schools mengajak siswa untuk mengintegrasikan mata pelajaran Matematik, Pengetahuan Alam, Seni, Teknologi dan Enjinering (STEAM) dan mengkorelasikannya dengan kehidupan sehari-hari.

Proses pembelajaran Robotics for Schools juga melibatkan 7 keahlian utama bagi siswa abad 21, yaitu, kolaborasi, kreatif, berfikir kritis, komputerisasi, pemahaman budaya, dan mandiri dalam belajar dan berkarir.

Picture2

Pembelajaran Tematik Integratif

Sesuai perkembangan pembelajaran Sekolah harus menggunakan model Pembelajaran Tematik Terpadu (PTP) atau Integrated Thematic Instruction (ITI). Pembelajaran ini berangkat dari pendekatan tematis sebagai acuan dasar bahan dan kegiatan pembelajaran dimana tema yang dibuat mengikat baik mata pelajaran tertentu maupun antar mata pelajaran. Pembelajaran Tematik ini secara ilmiah telah menunjukkan keberhasilannya dalam memacu percepatan dan meningkatkan kapasitas memori peserta didik . Sesuai perkembangan pembelajaran Sekolah harus menggunakan model Pembelajaran TematikTerpadu (PTP) atau Integrated Thematic Instruction (I).

Untitled1Pembelajaran ini berangkat dari pendekatan tematis sebagai acuan dasar bahan dan kegiatan pembelajaran dimana tema yang dibuat mengikat baik mata pelajaran tertentu maupun antar mata pelajaran. Pembelajaran Tematik ini secara ilmiah telah menunjukkan keberhasilannya dalam memacu percepatan dan meningkatkan kapasitas memori peserta didik .

STEM merupakan sebuah model pembelajaran yang populer ditingkat dunia yang efektif dalam menerapkan Pembelajaran Tematik Integratif  karena menggabungkan 4 bidang pokok dalam pendidikan yaitu Science, Technology, Engineering dan Mathematics .