Anggaran Pendidikan Belum Berhasil Tingkatkan Mutu

123-2

JAKARTA, suaramerdeka.com – Anggaran negara yang dialokasikan untuk sektor pendidikan dinilai belum dikelola secara maksimal. Salah satu faktanya adalah belum dapat memajukan mutu pendidikan secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

“Sudah banyak kajian terkait penggunaan anggaran pendidikan, termasuk dari Bank Dunia. Di mana anggaran pendidikan kita belum bisa memperbaiki mutu pendidikan, padahal anggarannya besar,” ujar pengamat pendidikan Indra Charismiadji, saat seminar dan workshop bertema “Kenali Trend Pendidikan Abad 21″, di Jakarta.

Menurutnya, salah satu hal yang menyebabkan anggaran pendidikan belum dapat memberikan hasil positif karena pemerintah tidak memiliki konsep besar dan arah pendidikan nasional. “Ini dikarenakan belum ada grand desain pendidikan kita ini mau dibawa ke mana. Seperti membangun rumah, mau membuat kamar mandi jadinya justru taman. Oleh karena itu kita butuh grand desain pendidikan,” katanya.

Dikatakan, disebabkan tidak memiliki grand desain pendidikan, maka anggaran pendidikan tidak dapat dialokasikan untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan.  “Maka kenyataannya, yang penting anggaran itu terserap, entah menujang mutu atau tidak. Program yang dijalankan hanya copy paste. Yang menjadi ironis, kita sudah menghabiskan uang triliunan tapi hasil mutu pendidikannya tidak tampak,” tegas Indra.

Untuk itu, sambung dia, pihaknya berharap kepada pemerintah untuk mau melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki konsep dan komitmen guna meningkatkan pendidikan Indonesia. “Perubahan pendidikan itu bukan hanya pekerjaan rumah pemerintah saja, tapi kita juga harus berperan memberikan masukan untuk mempersiapkan anak-anak menjawab tantangan dunia,” tandasnya.

Sementara itu, Student Life Director Sampoerna School System, Eddy Hendry mengatakan bahwa salah poin penting dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah kualitas dari para pengajar. Untuk itu diharapkan para guru mau terus mengembangkan diri, apalagi di tengah kemajuan teknologi yang semakin berkembang.

“Kita dorong untuk guru mau terus belajar dan mengembangkan dirinya. Yang dibutuhkan sekarang bukan lagi kebijakan, tapi budaya belajar dari para guru,” katanya.

(Satrio Wicaksono / CN26 / SM Network)

Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/anggaran-pendidikan-belum-berhasil-tingkatkan-mutu/